Sentra Biosains Dinamika

CROCODILE 5 in 1 WORKSTATION : Saatnya Tinggalkan Metoda dan Alat ELISA Lama Anda

March 20, 2024
Admin Sentra Dinamika

Dalam tulisan sebelumnya dijelaskan mengenai alat Crocodile 5 in 1 Workstation yang powerfull dalam metoda penelitian ELISA (Enzyme-Linked Immunosorbent Assay).

Link : https://biosains.sentradinamika.id/2024/03/18/crocodile-workstation-5-in-1-alat-yang-powerfull-untuk-meneliti-menggunakan-metode-elisa/

Protokol Lama

Dalam protokol penelitian ELISA sebelumnya, penelitian dirasakan terlalu kompleks dan tidak efisien karena setiap tahapan dilakukan dengan alat yang terpisah-pisah. Prosesnya pun dilakukan manual, sehingga rentan terjadi human error.

Pada dasarnya metode ini mengukur dan meneliti interaksi antara antigen dan antibodi menggunakan enzim yang telah diletakkan di permukaan pelat atau tabung. Interaksi spesifik dan unik tersebut dikonversi sehingga menghasilkan sinyal yang dapat diukur dan digunakan untuk menentukan konsentrasi zat yang diuji.

Protokol penelitiannya terdiri dari penyiapan sampel seperti darah, serum, plasma, air liur atau cairan lain. Sampel itu dapat mengandung antigen yang ingin dideteksi, atau antibodi yang ingin diukur.

Setelah sampel disiapkan, permukaan tabung atau plat ELISA yang telah dilapisi dengan antigen atau antibodi yang spesifik terhadap analit yang ingin diperiksa tersebut direaksikan dalam sumur elisa.

Setelah inkubasi, plat ELISA dicuci dengan larutan buffer untuk menghilangkan zat-zat yang tidak terikat (washing). Hanya zat yang terikat pada reagen saja yang tetap ada di permukaan. Pencucian dilakukan berkali-kali untuk mengurangi noise dan interferensi.

Plat ELISA dicuci kembali untuk menghilangkan zat-zat yang tidak terikat. Larutan substrat enzim ditambahkan ke dalam plat ELISA untuk menghasilkan reaksi enzimatik dan kimia, yang akan memberikan perubahan warna.

Kemudian dilakukan pengukuran intensitas sinyal menggunakan spektrofoto atau mesin pembaca ELISA lainnya untuk menentukan konsentrasi antigen atau antibodi (analit).

Langkah-langkah tersebut dilakukan satu persatu dengan alat yang berbeda-beda. Jika ada tahapan dan alat gabungan, hanya terbatas pada alat inkubator dan pembacaan hasil saja. Ada juga alat untuk pencucian saja.

Dapat dibayangkan lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan metode ELISA seperti ini.

Inovasi Cerdas

Crocodile Workstation 5 in 1 yang didistribusikan PT Sentra Biosains Dinamika dengan cerdas menyederhanakannya. Beberapa langkah dalam protokol ELISA diotomatisasi. Pencucian, inkubasi, dan pembacaan dilakukan otomatis (hand free), sehingga meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam penelitian ELISA.

Alat ini mengintegrasikan beberapa fungsi dalam satu sistem, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak proses ELISA tanpa harus menggunakan peralatan terpisah.

Cara kerja Crocodile Workstation 5 in 1 adalah sbb :

Tahap Dispensing, alat ini dapat mengisi plat ELISA dengan berbagai reagen seperti larutan pembersih, substrat enzim dan sampel biologis secara presisi dan volume yang tepat.

Tahap Washing, pencucian dilakukan otomatis untuk menghilangkan zat yang tidak terikat pada permukaan plat. Dilakukan dengan cara menyedot larutan dari sumuran-sumuran plat dan menggantinya dengan larutan segar.

Tahap Incubation, memiliki pengontrol suhu secara konstan dan optimal. Inkubasi dapat memunkinkan interaksi antara antigen atau antibody dengan enzim atau zat-zat lainnya.

Tahap Shaking, terjadi penambahan secara otomatis antibody deteksi yang telah dikonjugasi dengan enzim ke dalam sumur-sumuran plat ELISA. Antibodi deteksi ini akan berikatan dengan antigen atau antibodi yang terikat pada permukaan sumuran.

Tahap Reading, setelah penambahan reagen selesai, alat ini bisa membaca hasil ELISA menggunakan system pembaca yang terintegrasi dengan cara mengukur intensitas sinyal yang dihasilkan reaksi enzim-substrat. Ada perubahan warna atau fluoresensi secara akurat dan tepat.

Pengukuran dapat dianalisis secara otomatis oleh perangkat lunak yang terinstal  di alat ini.

Dengan menggunakan alat ini, peneliti bukan hanya bekerja secara efektif dengan waktu yang efisien, tetapi juga akan mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi.

Untuk mendapatkan penjelasan mengenai spesifikasi dan keunggulan Crocodile Workstation 5 in 1 ini silakan klik tautan di Website PT Sentra Biosains Dinamika berikut :

https://biosains.sentradinamika.id/product-category/bioscience/elisa/5-in-1-workstation/

Leave a comment