Sentra Biosains Dinamika

CROCODILE 5 in 1 WORKSTATION : Keunggulan yang Membedakannya dengan Alat Uji ELISA Lain

March 22, 2024
Admin Sentra Dinamika

Dalam pemilihan alat uji laboratorium, selain akurasi data hasil pengujian dan efisiensi waktu, ada beberapa pertimbangan peneliti terkait pemilihan alat-alat laboratorium

Pertama adalah Kemampuan Multifungsinya. Alat dengan prokotol sederhana yang mudah dipahami tetapi memiliki fungsi yang kompleks lebih disukai ketimbang alat sebaliknya. Jika menggunakan alat dengan protokol rumit tetapi memiliki fungsi terbatas, tentu akan merepotkan peneliti.

Pertimbangan kedua adalah Efisiensi dan Produktivitas. Pengguna dapat melakukan beberapa tahap penelitian atau aplikasi lainnya secara bersamaan atau berurutan tanpa menggunakan alat-alat terpisah.

Ketiga, persoalan presisi dan akurasi. Alat uji dengan sistem kontrol yang canggih dan presisi tinggi saat pipetting, pencampuran, atau pembacaan optiknya tentu akan membantu mendapatkan akurasi dan konsistensi hasil penelitian.

Pertimbangan terakhir adalah fleksibilitas alat dan tentu saja kemudahan pelayanan pemeliharaan.

Crocodile 5 in 1 Workstation menawarkan kombinasi keunggulan yang bisa menjadi pilihan menarik alat uji metode ELISA maupun aplikasi laboratorium lainnya.

1. Pengoperasian Otomatis yang Menghemat Waktu Pengujian.

Otomatisasi menghilangkan proses pemindahan pelat-pelat ke dispenser, mesin pencuci, inkubator, pengocok dan pembacaan. Pengoperasiannya hampir tanpa pengawasan karena setelah pelat mikro berisi sampel dan reagen tercampur, Crocodile 5 ini 1 Workstation ini akan bekerja sendiri.

2. Ukuran yang Kompak

Crocodile hanya memiliki lebar 26,5 cm. Jika semua botol reagen diletakkan di sebelahnya maka hanya membutuhkan ruang tak lebih dari 40 cm. Desainnya pun kokoh karena komponen yang bergerak tidak terlalu banyak.

3. Semua Modul Fungsional Ditempatkan dalam Satu Kotak yang Ringkas.

Dalam penggunaan sehari-hari, persiapan untuk menggunakan alat ini begitu ringkas. Botol pencucian, limbah, dan reagen mudah diakses, tepat di sebelah alat. Crocodile 5 ini 1 Workstation siap digunakan dalam beberapa menit. Cukup menyambungkan unit dengan stopkontak dan notebook atau PC, kita sudah siap untuk melakukan analisis.

4. Perangkat lunak PC yang nyaman

Software LightCompass yang terinstal di Crocodile 5 in 1 Workstation memungkinkan perolehan analisis dan pelaporan data dengan mudah dan akurat. LightCompass memungkinkan impor data hasil pengukuran. Software ini juga mudah digunakan.

Setelah kita memilih protokol pengujian, layar akan menampilkan grafik seluruh jadwal pengujian, karena akan dilakukan oleh Crocodile. Perangkat lunak MikroWin opsional tersedia ketika analisis data kuantitatif dan kualitatif diperlukan.

5. Perawatan yang mudah dan layanan yang andal

Perawatan alat ini juga sederhana. Dengan desain alat yang kompak maka perawatan di mekanisme pembilasan dan penggantian tabung secara rutin menjadi mudah. Alat ini sangat kokoh karena jumlah komponen yang bergerak sangat sedikit.

Pengalaman Pengguna

Satu hal yang tak mungkin diabaikan adalah pernyataan pengguna langsung dari Crocodile 5 in 1 Workstation ini. Pengalamannya menggunakan alat ini menjadi tak ternilai. Menjadi bukti yang jujur dan terbuka.

Salah satu yang merasakan keunggulan alat uji ini adalah Andrew Woodhead dari Lembaga riset Invitron. Ltd

(https://www.selectscience.net/editorial-articles/scientists-review-titertek-berthold-crocodile-elisa-miniworkstations/?artID=45396 )

“Selain manfaat nyata dari pengoperasian hands-free, kami menemukan bahwa reproduktivitas sehari-hari menjadi lebih baik dengan Crocodile 5 in 1 ini dibandingkan dengan pengujian manual” ungkap Andrew seperti dikutip dari laman ilmiah SelectScience.

Ditambahkannya, Andrew merasa alat ini sangat berguna untuk pengujian yang memerlukan pengaturan waktu dan/atau suhu kritis.  Andrew secara teratur menggunakan interface dengan Microwin Interpolasi Data yang berfungsi sebagai alat pembaca pelatnya.

Pengalaman lain juga disampaikan peneliti Augusto Etchegaray dari Pontifical Catholic University of Campinas. Augusto memilih peralatan ini karena daya tahan alatnya, kemudahan penggunaan dan konfigurasinya reader dan washer-nya.

“Kami cukup puas karena seluruh prosedur, uji enzim, kuantifikasi produk spesifik, kuantifikasi protein, dan uji antimikroba/ antiadhesi dapat dilakukan pada pelat microtiter dan dikuantifikasi menggunakan reader Crocodile ini. Produk yang unggul dan nilai ekonomis yang baik” katanya.

Sementara itu Simona Marc Zarcula, dari USAMVB Timisoara Rumania menggunakannya untuk menentukan parameter darah dari sampel hewan.

Menurut Simona, “Produk ini efektif untuk penelitian kami. Karena Crocodile adalah penganalisis otomatis, kesalahan manusia seperti saat memipet reagen menjadi minim. Juga menghemat waktu.”

Masih menurut Simona, dari sudut pandang penelitian penggunaan Crocodile 5 in 1 Workstation ini memiliki nilai ekonomis yang sangat baik.

Untuk mendapatkan penjelasan mengenai produk alat uji metode ELISA Crocodile 5 in 1 Workstation ini bisa meng-klik tautan di laman PT Sentra Biosains Dinamika berikut ini :

https://biosains.sentradinamika.id/product-category/bioscience/elisa/5-in-1-workstation/

Leave a comment