Sentra Biosains Dinamika

StripAssay : Kit untuk Deteksi Awal Thalassemia

April 22, 2024
Admin Sentra Dinamika

Deteksi awal pada Thalassemia akan mengurangi beban dibandingkan ketika buah hati telah lahir dan dinyatakan positif mengidap Thalassemia. Orang dengan Thalassemia berat akan mengalami penurunan produktivitas, gangguan tumbuh kembang, menjalani transfusi darah seumur hidupnya serta menjalani pengobatan kontinu seumur hidup.

Salah satu cara mendeteksi Thalassemia adalah dengan Teknik hibridisasi menggunakan Kit StripAssay. Pasien akan diambil darahnya, kemudian sel darahnya diekstraksi, diamplifikasi dan dihibridisasikan menggunakan strip tersebut. Reaksi yang terjadi dapat memberikan indikasi apakah pasien ybs mengidap Thalassemia atau tidak.

Cara Kerja

StripAssay adalah Kit yang didistribusikan PT Sentra Biosains Dinamika. Bekerja menggunakan prinsip Hibridisasi Nukleotida (gen) diikuti dengan reaksi pembentukan warna apabila terjadi ikatan hibridisasi.

Sumber : Venna Lab Channel

StripAssay ini memiliki zona-zona yang tercetak pada strip sehingga bisa diketahui adanya mutasi gen pengkode cacat Thalassemia atau tidak. 

Adanya hibridisasi menunjukkan reaksi antigen yang kemudian dideteksi dengan perubahan warna. Perubahan warna terjadi baik pada reaksi antigen normal atau gen mutasi.

Apabila gen mutasi muncul bersamaan dengan gen normal, maka tes menunjukkan heterozigot, di mana pasien adalah carrier (pembawa sifat). Carrier tidak sakit namun membawa sifat sakit apabila menikah dengan pasangan carrier. Kemungkinannya adalah 1 dari 4 anak menderita Thalassemia mayor.

Bagi pasien, kit ini dapat membantu mengetahui status penyakit ybs.

Jadi selain untuk deteksi dini, StripAssays pun berguna sebagai pedoman perencanaan perawatan pasien.

Sumber : Vienna Lab

PT Sentra Biosains Dinamika menyediakan Kit StripAssay untuk mendeteksi mutasi Alpha, Beta, dam Beta-Modifier pada sampel darah EDTA. Deteksi awal Thalassemia dilakukan untuk mendeteksi keberadaan penyakit lebih dini dan akurat di level molekul.

Prosedur lengkap pengerjaan menggunakan StripAssay akan kami sajikan dalam tulisan kami berikutnya. Dan untuk mengetahui produk StripAssay tersebut silakan klik tautan berikut ini 

https://biosains.sentradinamika.id/brand/viennalab/

Sumber : Vienna Lab

Baca juga artikel tentang Thalassemia sebelumnya :  

Penyakit-penyakit Akibat Kelainan Genetika

Red Alert Thalassemia : Saatnya Menggugah Kesadaran Publik !

https://biosains.sentradinamika.id/2024/04/16/penyakit-penyakit-akibat-kelainan-genetika/

:  

Leave a comment